Jumat, 29 Januari 2010

Islam dan Pengobatan

Di buat Oleh : DiaryNadya di Jumat, Januari 29, 2010
Reaksi: 

Posting blog pertama selama KKN ini, dengan koneksi IM2 yang cuma dapat sekitar EDGE/GPRS,hiks hiks... Posting ini berkaitan tentang salah satu program KKN.. bantu" program temen buat ngisi mading :). Ok, langsung aja yaaa..!!!

Konsep pengobatan dalam Islam lebih mengutamakan preventif dan bersifat holistik, artinya pengobatan yang tidak hanya bersifat fisik saja, tetapi juga yang non-fisik atau ruhani. Oleh karena itu di samping pengobatan secara kimiawi mesti disertai do’a. Bahkan anjuran membersihkan hati/jiwa merupakan cara preventif dan kuratif yang mujarab, utamanya pengobatan yang bersifat rohani, juga jasmani.

Konsep tersebut didasarkan pada pemahaman bahwa (i) Allah yang menurunkan penyakit dan Allah pula yang menyediakan obatnya (menyembuhkan), (ii) barangsiapa sakit hendaklah dia berobat tetapi jangan berobat (kimiawi/materi) dengan yang haram (sifatnya non-fisik), (iii) erat kaitan antara rohani dan jasmani (kebersihan bagian dari iman, orang yang bersih hatinya akan sehat jasmaninya).

Islam juga mengajarkan bahwa dalam segala hal, juga pengobatan, senantiasa memperhatikan agar manfaat >>> mudhorot. Ingat kasus khamr dan judi! Oleh karena itu dalam pengembangan dan penggunaan obat baru, selalu mempertimbangkan halal-haram, manfaat-mudhorot, sependek mungkin menggunakan dalih “darurat”.

Beberapa jenis dan cara pengobatan yang sering dipersoalkan kaum muslimin antara lain (i) alkohol, (ii) kapsul gelatin babi (?), (iii) darah, (iv) napza, dan (v) air seni dan cara pengobatan alternatif lain

Alkohol sering diidentikkan dengan khamr yang jelas keharamannya! Ini dapat dipahami karena alkohol merupakan komponen khamr yang memabukkan! Yang jelas alkohol bukan obat (dalam). Ini ditegaskan Nabi : khamr bukan obat tetapi penyakit! Ilmu pengetahuan pun membuktikan yang demikian! Bagaimana obat yang mengandung alkohol? Sebagian besar ulama berpendapat tidak boleh.

Gelatin merupakan protein yang dapat diperoleh dari hewan (sapi, kambing, babi, dsb.). Di negara Barat, yang tidak mempersoalkan halal-haram, babi merupakan sumber gelatin yang paling mungkin. Untuk menghindarinya, orang Islam sebaiknya membuat sendiri, atau pemerintah secara ekplisit memesan kapsul tanpa gelatin babi!

Darah (saren, didih) sering digunakan untuk obat tambah darah (anemia?). Sebenarnya sudah banyak perngganti oleh karenanya jangan mengkonsumsi darah.

Napza merupakan istilah yang benar dari narkoba (krn. istilah ini salah!). Ini bukan obat terlarang tetapi mudhorot lebih besar dari manfaatnya! Penggunaannya harus terkontrol oleh ahlinya. Mayoritas ulama mengharamkan penyalah gunaannya.

Air kencing merupakan bahan najis. Kalau bertolak dari pemahaman bahwa yang najis itu haram, semestinya tidak berobat dengan air kencing. Di samping itu air kencing berisi zat kimia yang umumnya sudah tidak berguna atau bahkan racun kalu terlalu lama dalam tubuh, misalnya ureum. Cara pengobatan alternatif lain perlu dipertimbangkan manfaat dan mudhorotnya secara umum. Wallahu a’lam.

3 Kasih komentar:

nurgiantoro mengatakan...

betul itu mbak Nadya saya setuju dengan anda, masih banyak obat selain yang haram tinggal bagaimana kita mencarinya. yang pakai alkohol ato lainnya mungkin kurang berusaha...

DiaryNadya mengatakan...

@ nurgiantoro : ya, kewajiban qt bersama untuk mencari obat yg kandungannya jelas dan jauh dr bahan haram, terutama tugas kami sebagai calon farmasis.. semoga dimudahkan jalan menuju kesana.

mksh sdh berkunjung, sukses untuk anda :)

Anonim mengatakan...

isi mading?
betul....itu illuminati...kedengaran ruhnya...
ujung-ujungnya....ular ber"bisa" punya bapak-bapak.
setiap.illuminati.akan.di.matiin.
dono.kasino..nike.ardilla..taufik.savalas...michael jackson,
witney houston, dll.
kacihan.

sekarang.yang.jadi.manusia.supernya.
tika.pangabean..manusia.highlander
osmawati..manusia.teleportasi
anggun c sasmi...manusia cloacking....selalu ingin jadi manusia cloacking (cantik/bening/bidadari)
aslinya seperti grendel (beowolf) . ...kok "mau"?
agnes.monica..manusia.waktu
...........dll.

illuminati..freemansory
Ternyata dajjal...ada di jatibening/jakarta mesjid syairullah.
Dan sudah dilihat orang banyak.
Akan tetapi, semua kena fitnah yang melihat/bermatian.
+62218647383 +628128551961

Baca komentar seorang di artikel dajjal di:
komentarnya bukan artikelnya..
copy paste url.
https://niochengyam.wordpress.com/2012/12/09/3/

ramai-ramai..ikut si dul...mandul (takut bisa ular)

Posting Komentar

thanx buat commentnya ya, jangan bernada spam ya :)

 

Diary Nadya Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review